Speedometer Anda Rusak? Ikuti Tips Berikut

speedometer

Anda pasti sudah paham betul peranan penting speedometer, baik untuk mobil atau motor. Speedometer berperan jadi alat ukur kecepatan kendaraan. Bagaimana jika speedometer ini rusak? Tentu banyak hal yang akan Anda alami. Contohnya, Anda tidak tahu berapa kecepatan kendaraan saat berkendara.

Nah, buat Anda yang mempunyai sepeda motor yang sudah rusak speedometernya, jangan langsung berpikir untuk melakukan perbaikan ke bengkel. Karena dengan sedikit perlengkapan, Anda bisa melakukan perbaikan speedometer sendiri di rumah.

Seperti yang kami rangkum dari otoaja.com, berikut 2 penyebab paling umum speedometer motor rusak serta langkah melakukan perbaikan:

Kabel speedometer rusak

Hal paling umum kenapa speedometer rusak ialah kabel speedometer yang rusak sebab rumah kabel kotor atau putus. Untuk mengetahui apa ini jadi pemicu speedometer rusak, Anda harus buka dahulu tutup lampu sisi depan selanjutnya lepaskan baut pengunci kabel speedometer.
speedometer

Kemudian, putarlah roda depan mengarah ke depan. Bila ujung kabel speedometer berputar-putar, maka artinya kabel speedometer itu baik-baik saja. Sebaliknya, bila kabel itu berputar-putar tapi tidak lancar, maka artinya rumah kabelnya berdebu atau karatan. Untuk permasalahan ini, jalan keluarnya ialah menyemprotkan cairan penetran.

Bila ujung kabel speedometer tidak berputar-putar, ini artinya kabel speedometer itu putus. Bila ini permasalahannya, tentu tidak ada langkah lain yang bisa dikerjakan kecuali menservis kabel speedometer di bengkel.

Permasalahan pada gearbox

Permasalahan umum lain kenapa speedometer rusak terdapat pada gearbox. Cobau lepaskanlah kabel speedometer sisi bawah memakai tang. Selanjutnya, putar roda dam lihatlah apakah tuas gearbox yang terhubung pada kabel speedometer berputar-putar atau tidak.

Jika tidak berputar-putar, ini artinya memang permasalahannya ada di bagian itu. Untuk melakukan perbaikan, Anda harus melepas dahulu roda depan serta buka kancing rumah gigi gear nanas memakai tang snap ring.

Bila bagian itu kelihatan kotor, bersihkanlah menggukanan cairan antikarat. Bila telah bersih, lumurilah gigi gear nanas dengan grease. Janganlah lupa untuk memasangkannya kembali sesudah semua proses ini dikerjakan.