Jual Bata Ringan/Hebel dan Cara Pembuatan Sesuai Standar Kontruksi

jual bata ringan

Membuka peluang usaha di dunia konstruksi bangunan sepertinya menjadi sesuatu hal yang menjanjikan. Di sana banyak inovasi-inovasi baru untuk dikembangkan seperti pembuatan bata ringan/hebel. Anda bisa jual bata ringan tersebut sebagai bisnis bagi seorang pemula.

Review Singkat Bata Ringan/Hebel

Bata ringan/hebel merupakan sebuah bata ringan. Warnanya putih serta tahan terhadap panas matahari maupun pembakaran api, kedap suara serta ramah lingkungan. Harganya pun cukup terbilang murah dan ekonomis jika digunakan daripada bahan lainnya.

Produk ini terbuat dari campuran semen, pasir silika, gypsum, kapur, air dan pasta alumunium. Ia dibuat melalui proses pengadukan serta pencampuran dengan memanfaatkan teknologi sistem komputer yang canggih. Anda juga bisa membuatnya sendiri untuk industri jual bata ringan di rumah.

Ini merupakan langkah tepat, mengingat untuk saat ini pembangunan (konstruksi) sedang gencar-gencarnya di Indonesia. Oleh karena itu, bisa dipastikan produk ini akan laku dipasaran. Tidak menutup kemungkinan mendapat omset bulanan.

jual bata ringan

Alat dan Bahan yang Digunakan

Dalam membuat bata ringan atau hebel, maka memerlukan alat dan bahan tersendiri. Persiapkanlah secara lengkap sebelum memulai proses pembuatan supaya tidak bingung kekurangan ketika di tengan jalan. Berikut diantaranya:

1. Alat

  • Cetakan khusus untuk bata ringan atau hebel
  • Beberapa cetok.
  • Beberapa ember untuk campuran dan air.
  • Cangkul.
  • Sekop.

2. Bahan

  • Semen sebagai bahan pengikat.
  • Pasir silica sebagai bahan pengisi.
  • Fly ash sebagai bahan pengisi.
  • Kapur sebagai bahan pengisi.
  • Air sebagai bahan pengencer.
  • Pasta alumunium atau bubuknya sebagai bahan pengembang.

Langkah-langkah Cara Membuat Bata Ringan/Hebel

Setelah menyiapkan semua bahannya, kemudian memulai proses pembuatanya. Yaitu:

  1. Pertama, lakukanlah penggilingan pasir silika agar dapat dijadikan “Slurry” berbentuk tepung.
  2. Selanjutnya, slurry dimasukan dalam tempayan pengaduk luluh dan dicampur dengan air. Usakan menggunakan takaran yang tepat.
  3. Lalu, aduklah menjadi adonan luluh/permik. Campur dan pastikan sudah merata.
  4. Kemudian, tuangkanlah adonan dalam tangki penyimpan luluh/permik.
  5. Setelah itu, campurkanlah adonan luluh permik ke dalam bejana dengan semen serta.
  6. Proses selanjutnya yakni Anda harus menambahkan aluminium powder atau pastanya.
  7. Setelah memenuhi waktu pencampuran yang cukup, alirkan maka campuran tersebut melalui saluran-saluran khusus menuju kotak-kotak cetakan silicon.
  8. Diperlukan waktu sejenak untuk pengukuhan/pengerasan balok-balok silicon tersebut.
  9. Balok silicon dikirim ke ruang pemotongan untuk dipotong-potong sesuai ukuran yang ditentukan.
  10. Supaya ukuran dari bata ringa tersebut tepat atau akurat, maka diadakan pemotongan ke dua untuk menjadi sebuah blok-blok dan bersihkan sisa-sisa/bekas-bekas proses potong itu.
  11. Selanjutnya bata ringan/hebel  tersebut dimasukan ke dalam Autoclaved selama 12 jam diberi tekanan uap dengan tekanan 12 BAM dan temperatur 193 derajat Celcius.
  12. Dalam tekanan uap tersebut akan membentuk reaksi pembakaran sampai produk bata ringan/hebel matang dengan sempurna.

Terakhir, bata ringan/hebel hasil proses pembuatan dinyatakan telah jadi dan ditumpuk dalam gudang penumpukan yang siap untuk dikirim. Namun, pastikan menyusunnya dengan rapi. Ini karena, salah penempatan akan mengakibatkan tergoresnya benda tersebut.

Itulah pembahasan tentang cara membuat bata ringan/hebel sebagai bahan pembuatan dinding konstruksi bangunan dengan mudah. Semoga bisa menjadi acuan dan referensi Anda, ketika ingin membuka usaha jual bata ringan. Selamat mencoba dan teruslah belajar berkarya hingga jadi kesuksesan abadi.