Penyakit Flu Tulang: Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati yang Wajib Diketahui!

Penyakit Flu Tulang: Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati yang Wajib Diketahui!

Pernahkah kamu mendengar tentang penyakit flu tulang sebelumnya? Apa sebenarnya penyakit flu tulang itu? Apa saja gejalanya dan bagaimana cara mengobatinya? Berikut ini beberapa pembahasan mengenai penyakit flu tulang yang wajib kamu ketahui.

 

Apa itu penyakit flu tulang?

Flu tulang istilah yang biasanya digunakan oleh masyarakat awam untuk menjelaskan tentang penyakit Chikungunya.

Chikungunya sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, lebih tepatnya, yaitu jenis virus Chikungunya dari genus Alphavirus dan juga famili Togaviridae.

Penyakit Flu Tulang: Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati yang Wajib Diketahui!

Apa saja gejala penyakit flu tulang?

Gejala flu tulang yang dirasakan umumnya hampir sama dengan gejala penyakit dengue. Pada orang dewasa, gejala flu tulang biasanya akan dirasakan setelah 3-7 hari sesudah terkena gigitan nyamuk yang menginfeksi dengan virus chikungunya.

Keluhan yang biasanya dirasakan, yaitu:

  1. Nyeri kepala
  2. Mual dan muntah
  3. Demam akut (biasanya diatas 39oC)
  4. Ruam makulopopular
  5. Artritis
  6. Mialgia
  7. Konjungtivitas
  8. Polyathralgia, yang merupakan nyeri sendi dan biasanya dirasakan di kedua sisi tubuh dan secara simetris.

 

Apa penyebab flu tulang?

Penyebab dari penyakit flu tulang atau dalam medis biasa dikenal dengan Chikungunya disebabkan oleh virus. Flu tulang ini disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui nyamuk yang telah terinfeksi kepada manusia. Virus flu tulang adalah virus alfa yang berasal dari keluarga Togaviridae. Virus ini biasanya disebarkan dengan melalui gigitan nyamuk dan menulari manusia.

Penting untuk diketahui bahwa virus ini menyebar ke manusia melalui gigitan nyamuk betina Aedes aegypti atau Aedes albopictus yang terinfeksi. Keduanya ini merupakan jenis nyamuk pembawa virus dengue yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah (DBD). Itulah mengapa, seseorang bisa terinfeksi Chikungunya dan juga DBD dalam waktu yang bersamaan.

Nyamuk Aedes bisa menggigit seseorang yang telah terinfeksi dengan virus chikungunya, kemudian menyebarkan infeksinya dengan cara menggigit orang yang sehat sehingga orang tersebut bisa terkena flu tulang.

Penting untuk diingat bahwa flu tulang juga terkadang diklasifikasikan dalam virus rematik. Hal ini karena efeknya terhadap sendi. Sedangkan, disebut sebagai flu tulang sebab mempengaruhi persendian.

Nah, itulah tadi beberapa pembahasan mengenai flu tulang yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan. Semoga bermanfaat! Kunjungi blog kesehatan synergyofficial.co.id/