Cara Login Wifi Id Tanpa Ribet

cara login wifi id

Selain paket internet dari operator seluler, alternatif lain yang kerap dipakai pengguna yaitu wifi. Menggunakan jaringan wifi maka orang dapat menikmati internet kencang secara nirkabel. Telkom adalah penyelenggara jaringan internet terbesar di tanah air yang menawarkan salah satu produknya yaitu bernama Wifi.id. WiFi.id berplatform jaringan hotspot (akses point) yang dapat diakses di berbagai lokasi publik. Bagaimana cara login wifi id agar bisa menggunakannya?

WiFi.id mengusung teknologi terbaru yang sudah disesuaikan dengan standar IEEE 802.11. Agar dapat menggunakan akses wifi.id pengguna harus berada di area hotspot Wifi id atau di wifi.id corner. Pengguna pun harus memiliki voucher Wifi.id yang bisa dibeli di berbagai lokasi. Pengguna pun dapat membeli paket Wifi id dengan membayar menggunakan pulsa.

cara login wifi id

Wifi corner sendiri ada di banyak lokasi strategis misalnya di stasiun, bandara, mal ataupun lokasi publik lain. Mengutip dari web Semuatipe.com, Harga paket Wifi id sendiri sangat murah mulai dari Rp.5.000. Internet Wifi id dapat digunakan untuk apa saja mulai dari streaming, nonton youtube atau film bebas buffering, download, upload dan atau hanya sekedar browsing mencari informasi.

Hanya saja terkadang pengguna terkendala saat login ke jaringan wifi id. Agar dapat mengakses internet WiFi.id, pengguna wajib punya username dan password untuk login di laman utama @wifi.id. Beberapa syarat agar pengguna dapat menyambung internet @wifi.id yaitu : berada di area hotspot SSID @wifi.id, punya voucher WiFi.id, username dan password.

Voucher Wifi id bisa berupa voucher fisik, voucher elektronik dengan potong pulsa di 98108, atau id seamless dengan cara berlangganan (khusus pelanggan IndiHome). Harga voucher fisik mulai dari Rp.5.000 untuk durasi mulai 2 jam – 6 jam sesuai zona hingga Rp.50.000 untuk durasi 30 hari.

Cara Login wifi id

Untuk masuk ke jaringan Wifi.id dibutuhkan username dan password. Keduanya dapat ditemukan di lembar voucher fisik dimana nomor yang tertutup hologram adalah password sedangkan nomor yang tak tertutup adalah username. Username dan password tadi tak bisa dipakai berbarengan di beberapa perangkat sebab WiFi.id menerapkan single sign on, maksudnya bila sudah aktif di satu perangkat maka otomatis tak bisa diakses dari perangkat lain. Agar dapat login di perangkat lain menggunakan username dan password sama, pengguna mesti keluar dari perangkat yang sedang aktif.

Pastikan pengguna berada di area cakupan jaringan Wifi.id. Siapkan voucher fisik yang sudah dibeli, gosok bagian hologram untuk melihat password Wifi id. Username sendiri berupa deretan angka yang tak tertutup hologram. Akses jaringan dengan menyalakan fitur Wifi di Hape Android atau laptop. Selanjutnya temukan jaringan @Wifi.id” kemudian koneksikan tanpa memasukkan password. Bilamana pengguna memakai laptop biasanya akan ditampilkan tanda seru warna merah di icon sinyal jaringan. Klik di opsi jaringan @Wifi.id sampai pada layar ditampilkan pesan“Additional log on information may be required. Click to open your browser”.

Klik pesan tersebut maka pengguna akan dibawa ke halaman login Wifi id. Namun bilamana halaman login Wifi id tak muncul, pengguna dapat mengetikkan“wifi.id” di address bar browser kemudian tekan enter. Halaman login wifi id akan terbuka. Sementara bila dari Hape Android maka setelah memilih jaringan @Wifi.id akan keluar peringatan agar pengguna login ke jaringan Wifi id. Ketika halaman login sudah terbuka, ketikkan username dan password yang tertera pada voucher. Akan ditampilkan notifikasi jika pengguna sudah tersambung ke jaringan wifi.Id. Klik tombol Lanjutkan untuk mulai menggunakan internet dari Wifi id.

Cara Login Wifi id menggunakan Pulsa

Kecuali melalui voucher fisik, pengguna pun dapat membeli paket Wifi id menggunakan pulsa hape. Caranya cukup mudah, pertama bisa dengan mengirimkan SMS yang formatnya : NET Nominal Paket, lalu dikirim ke nomor 98108. Misalnya : NET 5000 kemudian kirim ke 98108. Tak berapa lama pengguna akan menerima pesan balasan yang di dalamnya terdapat username dan password Wifi id. Selain dengan SMS, pengguna pun bisa membeli paket Wifi id dengan dial ke *108# dan juga lewat Aplikasi WiFi.id GO. Aplikasi tersebut tersedia di Google Playstore dan juga Appstore.

Setelah terpasang, jalankan aplikasinya, lalu di halaman utama ketuk opsi Buy Voucher. Tentukan nominal paket yang dikehendaki, lalu ketuk tombol Buy. Ketuk Buy via SMS, lalu tekan Buy. Otomatis data username dan password akan dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel. Untuk menggunakan jaringan Wifi id pengguna dapat melakukan pendaftaran dari aplikasi WiFi.id GO tersebut. Caranya, ketuk menu Connection Settings di halaman depan aplikasi. Kemudian tentukan kategori WiFi.id Voucher. Ketikkan username dan password lalu ketuk Save. Balik ke halaman depan kemudian setel Switch Connection di posisi On. Pengguna sudah dapat mengakses internet Wifi id.