Agar Pencapaian Maksimal, Sifat Deduktif Pembelajaran Bisa Didukung dengan 4 Poin Ini

Sifat deduktif dalam pembelajaran merupakan sebuah model penalaran yang menghubungkan hal secara umum dengan hal secara khusus. Saat pembelajaran di kelas menggunakan konsep ini, maka siswa bisa menyimpulkan secara khusus melalui berbagai informasi umum yang sudah diperolehnya. Siswa yang terbiasa berpikir dari umum ke khusus dapat melatih pikirannya menjadi lebih kritis. Agar konsep ini berjalan maksimal, ada beberapa hal yang bisa mendukungnya antara lain sebagai berikut.

Tema Pelajaran Bersifat Terminologi atau Teknis

Konsep pembelajaran sifat deduktif dapat diterapkan lebih maksimal pada mata pelajaran yang bersifat terminologi atau teknis. Artinya, mata pelajaran tersebut tidak membutuhkan pemikiran yang begitu rumit. Siswa bisa dengan mudah menalar pernyataan umum ke khusus dengan pembelajaran yang sesuai.

Penyampaian yang Baik

Apapun model pembelajarannya, jika tidak tersampaikan dengan baik tentu akan membuat siswa tidak paham sama sekali. Oleh karena itu dibutuhkan cara penyampaian yang baik dari guru agar siswa lebih mengerti apa yang disampaikan. Siswa yang mengerti akan mudah menarik kesimpulan khusus daripada yang tidak mengerti sama sekali. Bagaimana penyampaian seorang guru sangat menentukan hal ini.

Memberikan Contoh yang Relevan

Dalam setiap pernyataan, usahakan untuk memberikan contoh yang sesuai dengan tema pembelajaran. Seorang siswa tidak akan bisa menarik pernyataan khusus jika contoh yang diberikan tidak dapat merepresentasikan apa yang dimaksudkan. Untuk itu, guru harus bisa memilih contoh mana yang sesuai dengan pembelajarannya. Jangan sampai siswa justru kebingungan atas ketidaksesuaian yang dipilih oleh guru.

Waktu Tersedia

Setiap penyampaian pelajaran selalu membutuhkan waktu. Sama seperti dengan konsep deduktif yang dipilih. Karena setiap siswa mempunyai tingkat kemampuan yang berbeda, tentu mereka membutuhkan waktu yang cukup untuk berpikir. Guru tidak bisa memaksa siswa harus bisa menarik pernyataan khusus dalam waktu yang hanya sebentar. Siswa juga manusia biasa yang artinya mereka butuh waktu dalam proses berpikir.

Sifat deduktif dipakai dalam pembelajaran guna melatih cara berpikir siswa. Penalaran siswa akan terbentuk melalui proses berpikir yang matang. Maksimalkan kemampuan siswa melalui cara-cara terbaik yang bisa dilakukan.

 

sumber: Percetakan Online