5 Cara Mudah Membuat Video TikTok Pertama Untuk Pemula

TikTok

TikTok merupakan aplikasi sosial media di HP yang memungkinkan para pengguna terdaftar untuk membagikan video pendek miliknya, juga dapat menonton video milik orang lain. Akhir-akhir ini TikTok memang tengah menjadi aplikasi yang sangat populer dengan hadirnya beragam konten di dalamnya.

Mungkin beberapa tahun lalu, banyak orang yang enggan menggunakan aplikasi TikTok karena imej dari aplikasi ini sudah terlanjur dicap alay oleh kebanyakan orang. Tentu saja hal tersebut dikarenakan dulu terdapat banyak akun mengupload video yang apabila ditonton, maka akan membuat kita mengernyitkan dahi.

Namun, kini TikTok telah berubah menjadi sebuah platform yang jauh berbeda dari dulu dan masuk dalam rekomendasi aplikasi terbaik versi Teknolagi. Kini, tidak hanya konten joget-joget saja, melainkan juga terdapat banyak konten menarik dan bermanfaat yang dibagikan para penggunanya, mulai dari topik bisnis, pendidikan, pekerjaan, hiburan, dan lain-lain.

TikTok

Jadi, jika kamu tidak mau ketinggalan untuk menjadi bagian dari aplikasi TikTok, simak cara mudah membuat videonya di bawah ini.

1. Download Aplikasi TikTok

Sebelum dapat memulai menggunakan TikTok, tentu kamu harus mendownload aplikasi ini terlebih dahulu. Bagi pengguna android, silahkan download melalui Google Play Store. Kemudian, bagi pengguna iOS, silahkan download di App Store. Tenang, aplikasi ini dapat didownload secara gratis.

Jika proses download telah selesai dan TikTok telah terinstall, maka kini kamu dapat lanjut ke tahap selanjutnya.

2. Daftar Akun TikTok

Sama seperti layaknya sosial media yang lain, seperti Facebook, Instagram dan sebagainya, kamu perlu mendaftar dan membuat akun milik kamu sendiri. Proses registrasi dapat dikatakan sangat mudah, dikarenakan kamu dapat mendaftar dengan menggunakan akun facebook, twitter, atau Gmail yang sudah kalian punya.

Jadi, cukup dengan menekan tombol daftar, mengisi username dan password, maka kamu telah memiliki akun TikTok pribadi kamu. Selanjutnya, kamu juga dapat melakukan beberapa penyesuaian terhadap akun profil kamu, seperti username, foto profil, juga terdapat fitur untuk menyematkan akun sosial media kamu yang lain.

3. Mencari Referensi Konten Sejenis

Jika kamu sama sekali belum memiliki ide ingin membuat jenis konten seperti apa, atau sudah memiliki ide, tetapi bingung ingin dibuat ke dalam video seperti apa, ada baiknya untuk mencari referensi terlebih dahulu.

Kamu bisa mulai mencari referensi dengan melihat beberapa akun dengan konten yang kamu inginkan, lalu kamu nanti bisa menggunakan ide tersebut dan memodifikasinya dengan kreatifitas yang kamu miliki. Jadi, konten kamu akan tetap terlihat unik.

Agar memudahkan proses pencarian referensi, kamu bisa memanfaatkan fitur Discover pada TikTok. Melalui fitur ini, kamu bisa mengetahui jenis konten seperti apa yang sedang ramai ditonton atau bisa dibilang sedang viral. Selain itu, kamu juga bisa menulis berdasarkan hashtag, nama, dan sebagainya seperti pada sosial media yang lain.

4. Mulai Membuat Video

Jika kamu sudah menentukan akan membuat jenis konten seperti apa dan telah membuat konsepnya, maka selanjutnya adalah tahap eksekusi, alias tahapan membuat video. TikTok memiliki fitur agar kamu bisa mengambil video secara langsung pada aplikasi, sehingga tidak perlu bolak-balik menggunakan aplikasi kamera bawaan hp.

5. Edit Video yang Telah Direkam

Tentu saja jika kamu hanya mengupload video yang direkam begitu saja tidak akan menarik dibandingkan dengan video yang telah melewati proses editing. Di tahap ini, kamu bisa mengedit video tersebut sesuai konsep yang kamu inginkan sebelumnya dan tuangkan kreatifitas kamu pada tahap ini.

Pada tahap ini, lakukan beragam hal seperti memotong video, mengatur kecepatan tiap frame, pemberian efek dan filter, atau beragam hal lainnya bisa kamu coba. Jika semua telah dirasa cukup memuaskan dan telah sesuai, maka kini kamu bisa lanjut untuk memilih tombol Next untuk selanjutnya dapat diupload ke akun milik kamu. 

Jadi, hanya dengan 5 tahap di atas, kamu sudah dapat membuat video TikTok sederhana sesuai dengan keinginan. Selanjutnya kamu hanya perlu banyak mencoba untuk bisa mendapatkan style khas dari kamu, seperti transisi, pewarnaan, dan sebagainya.