Pilihlah Mimbar Masjid Yang Berkualitas Dan Islami

Mimbar dalam sebuah masjid menjadi salah satu bagian yang penting dan harus ada. Dimana kegunaanya sendiri adalah untuk berkhutbah ketika selesai sholat (sholat Jum’at dan hari raya).

Setiap masjid memiliki jenis mimbar yang tentu berbeda-beda. Ada masjid yang menggunakan jenis mimbar biasa, ada pula yang menggunakan jenis mimbar dengan berbagai motif. Dan yang saat ini lazim digunakan adalah mimbar yang menunjukkan identitas dari masjid tersebut.

Saat ini banyak sekali pengrajin yang menawarkan berbagai macam desain mimbar yang mungkin bisa anda pilih. Banyak juga yang menjualnya secara online, namun untuk anda yang mungkin tergiur dengan tawaran via online, anda patut untuk berhati-hati. Sebab banyak sekali ditemukan bahwa barang yang diiklankan tidak sesuai dengan kenyataan saat sudah dikirim.

Untuk itu, anda juga harus selektif dalam memilih mimbar masjid. Jangan sampai hanya karena tampilan anda tergiur dan tertipu. Ada beberapa desain yang saat ini banyak digunakan dan menjadi pilihan masjid-masjid besar.

  • Desain klasik

Jenis mimbar ini digunakan pada masjid-masjid yang sudah tua terdahulu. Biasanya mimbar ini berbentuk sederhana hanya berupa mimbar dan kursi. Dimana terkadang tidak ada tulisan maupun ukiran yang menghiasinya. Sangat sederhana sekali, mengingat pada tempo dulu belum banyak pengrajin yang membuat jenis mimbar dengan berbagai ornamen.

  • Desain minimalis

Jenis desain mimbar yang satu ini biasanya digunakan pada mimbar yang portable (bisa dipindahkan). Dengan desainnya yang minimalis, memungkinkan jenis mimbar ini untuk digunakan pada acara-acara yang bersifat formal. Dan sebagai kelengkapan untuk menyampaikan pidato atau khutbah, mimbar ini sangat cocok untuk digunakan.

  • Desain modern

Semakin mengikuti perkembangan zaman, mimbar modern mempunyai bentuk yang beragam. Mulai dari yang berbentuk seperti singgasana seorang raja, ada pula yang berbentuk tingkat dengan beberapa tangga. Mimbar jenis ini biasa digunakan pada masjid-masjid yang bernuansa modern pula. Untuk menyelaraskan antara desain masjid dan desain mimbarnya.

  • Desain ukir

Jenis mimbar masjid yang satu ini memiliki keunikan dari corak seni klasik semi modern yang tergores pada setiap ukiran yang ditampilkan. Mimbar ini banyak dibuat oleh pengrajin Jepara yang sudah terkenal akan seni ukirnya yang mendunia. Untuk jenis yang satu ini biasanya akan dipadukan dengan desain modern yang selanjutnya ditambahkan ornamen berupa hiasan ukir yang bernuansa islami.

Memilih Mimbar Dengan Kualitas Tinggi

Setelah anda mengetahui berbagai macam desain pada sebuah mimbar, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memilih mimbar yang akan anda tempatkan pada masjid anda. Untuk pemilihan ini, anda harus benar-benar jeli dan teliti. Jangan membeli mimbar dengan sistem online yang tidak bisa anda cek secara langsung tentang kualitasnya.

Inilah beberapa pilihan dari mimbar masjid yang bisa Anda ketahui. Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.