10 Keutamaan Membaca Alquran Bagi Umat Islam

Keutamaan Membaca Alquran Secara Rutin Bagi Umat Islam

Membaca dan mempelajari Alquran adalah kewajiban setiap umat muslim  baik laki laki maupun perempuan dan tentunya memiliki banyak keutamaan. Untuk itulah, kita sebagai umat Islam tidak boleh malas membaca kitab suci kita ini. 

Artikel Menarik Lainnya: https://cendekiaprivat.com/kursus-ngaji-quran/

Beberapa Keutamaan Membaca Alquran Secara Rutin

Rutin membacanya setiap hari pasti akan memberikan banyak keutamaan-keutamaan. Adapun keutamaan-keutamaan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Memperoleh Banyak Pahala

Tentunya kita akan mendapat ganjaran berupa pahala yang berlipat ganda. Meskipun membacanya tidak lancar atau terbata-bata, akan tetap mendapat pahala banyak dua pahala.

2. Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

Baca Alquran bagi umat muslim tentunya akan mendapatkan syafa’at di hari kiamat nanti. Apalagi bagi orang yang mempunyai waktu khusus setiap harinya untuk membacanya. Atau dapat dikatakan, tidak ada satu hari pun yang terlewatkan untuk membacanya.

3. Mendatangkan Banyak Kebaikan

Membaca kitab suci tersebut tidak akan pernah rugi, justru akan mendatangkan banyak kebaikan. Setiap membacanya akan mendatangkan satu kebaikan yang nantinya akan dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan. Lalu kebaikan tersebut akan menghapuskan kesalahan yang telah dilakukan.

4. Membuat Hati Menjadi Lebih Tentram

Bacaan Alquran tentu akan membuat hati semua yang membacanya menjadi lebih tentram. Untuk itulah, ketika hati sedang merasa gelisah, cemas, takut, ataupun sedih, salah satu yang harus dilakukan adalah membaca kitab suci umat Islam ini.

5. Memperoleh Kemuliaan

Kemuliaan akan didapatkan bagi mereka yang senantiasa selalu membaca Alquran. Terlebih lagi bagi mereka yang menghafalkan serta memahami isi kandungannya, kelak akan Allah SWT memakaikan mahkota kepadanya dan kedua orang tuanya.

6. Menyembuhkan Penyakit

Menakjubkannya lagi, dengan membacanya bisa melindungi dan mengobati kita dari segala penyakit. Dengan cara, membaca ayatnya lalu meniupkan ke air yang sudah disiapkan, baru kemudian diminum.

7. Kedudukan Tinggi di Surga

Tentu Allah SWT sangat menyukai hambanya yang suka membaca bahkan menghafal kitabullah, terlebih lagi jika mau mengamalkannya sepanjang waktu. Hal itu tentunya akan membuat si pembaca mendapat derajat yang sangat tinggi. Sebaiknya, untuk mendapatkan keutamaan ini dalam membacanya harus benar dan paham akan tajwidnya.

8. Selamat Dunia dan Akhirat

Gemar dan rajin membaca kitabullah ini pasti akan menyelamatkan kita dari jeratan atau keburukan yang terlihat maupun tidak terlihat. Lalu menghindari kita dari kesengsaraan selama berada di dunia maupun di akhirat. Semua itu berkat lindungan dari Allah SWT.

9. Menghilangkan Penyakit Hati

Tak hanya dapat menyembuhkan penyakit tubuh atau fisik. Dengan membaca kitab suci ini secara ikhlas, dapat menghilangkan penyakit hati berupa iri, dengki, menggunjing, dendam, dan penyakit hati lainnya.

10. Penuh Karunia Cahaya dalam Hatinya

Membaca kitabullah ini akan mendatangkan cahaya pada hati pembacanya. Selain itu, jika dilakukan secara rutin, akan menghindarkan kita dari kegelapan siksa kubur dan siksa yang lebih ringan.

Itulah beberapa keutamaan membaca Alquran secara rutin bagi umat Islam. Itulah mengapa, kita dianjurkan untuk membacanya setiap hari  terutama setelah shalat fardhu dan sebelum tidur serta dengan hati yang ikhlas.

Source: cendekia privat