4 Peluang Bisnis Kuliner yang Potensial untuk Dijalankan di Indonesia

Peluang bisnis kuliner merupakan salah satu peluang bisnis yang tidak ada matinya. Kenapa? Karena makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Artinya, selama manusia masih hidup di muka bumi ini, maka bisnis kuliner akan terus eksis.

Nah, jika saat ini Anda sedang berencana untuk menceburkan diri ke dunia bisnis kuliner, berikut ini admin kursus jualan online sajikan 4 peluang bisnis kuliner yang cukup potensial untuk dijalankan di Indonesia:

4 Peluang Bisnis Kuliner yang Menjanjikan

1. Bisnis Katering

Bisnis katering sangat cocok untuk dijalankan oleh Anda yang berdomisili di sekitar wilayah kampus maupun pabrik. Biasanya, karena kesibukan yang terlalu tinggi, kalangan mahasiswa dan buruh pabrik akan lebih memilih katering ketimbang harus memasak sendiri.

Atau, jika Anda ingin menargetkan pangsa pasar yang  lebih berkelas, Anda dapat menawarkan layanan jasa katering yang Anda miliki ke para Event Organizer atau pun ke hotel dan rumah sakit.

Jika dibandingkan jasa katering ke mahasiswa dan buruh pabrik, jasa katering ke Event Organizer, hotel, dan rumah sakit biasanya cenderung memiliki profit margin yang lebih tinggi.

2. Bisnis Olahan Kuliner Kreatif

Anda pernah dengar “Lapis Talas Bogor” dan “Keripik Pedas Maicih”? Dua produk tersebut merupakan dua produk olahan kuliner kreatif yang berhasil booming di pasaran.

Jika Anda mau, Anda bisa membuat produk kuliner baru yang benar – benar murni dari hasil pemikiran Anda. Produk kuliner kreatif seperti ini biasanya cenderung akan membuat masyarakat menjadi penasaran. Hasilnya, produk menjadi booming di media, dan penjualannya pun langsung meroket.

3. Bisnis Oleh – Oleh Khas Daerah

Khusus untuk Anda yang tinggal di daerah industri wisata, peluang bisnis kuliner yang satu ini benar – benar sangat pas untuk Anda.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, saat bepergian ke luar kota, masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan unik membawa buah tangan. Biasanya buah tangan atau pun oleh – oleh yang dibawa tidak jauh – jauh dari makanan khas daerah yang dikunjungi.

Nah, ini merupakan sebuah peluang. Jika Anda memiliki keterampilan yang memadai untuk memproduksi olahan kuliner khas daerah Anda, Anda dapat memproduksinya untuk dijajakan ke para wisatawan yang berkunjung ke daerah Anda.

4. Bisnis Waralaba Makanan

Khusus untuk Anda yang memiliki cukup banyak modal namun tidak memiliki ide bisnis yang komplit, Anda dapat mencoba peluang bisnis kuliner dengan sistem waralaba. Saat ini ada banyak perusahaan kuliner yang menyediakan fasilitas waralaba.

Dengan membeli waralaba yang disediakan, Anda akan berhak untuk menggunakan brand milik perusahaan mereka, menggunakan SOP milik perusahaan mereka, menggunakan resep milik perusahaan mereka, dan lain sebagainya.

Itulah 4 peluang bisnis kuliner yang potensial untuk dijalankan di Indonesia. Selamat berbisnis dan semoga berhasil ya!