Homesick Saat di Kampus? Ikuti 5 Tips Ini

Rindu rumah yang ekstrim saat merantau kuliah adalah hal yang umum. Mengetahui bahwa rindu rumah itu normal adalah kunci untuk melewati beberapa minggu pertama kuliah. Yakinlah, kamu tidak sendiri. 

Kamu mungkin harus keluar dari zona nyaman untuk mendapatkan teman baru dan menjadi bagian dari komunitas di kampus. Jika kamu memasuki minggu-minggu pertama kuliah dengan pola pikir yang benar, kamu ditakdirkan untuk menjalin pertemanan seumur hidup dan menciptakan rumah baru yang jauh dari rumah.

Berikut adalah lima cara untuk mengatasi kerinduan saat kuliah.

Hadiri Acara Penyambutan untuk Menghilangkan Kerinduan di Kampus

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan selama minggu pertama kuliah adalah menghadiri acara orientasi siswa baru dan minggu penyambutan. Perguruan tinggi merencanakan kegiatan sosial yang dirancang untuk membantu siswa baru bertemu satu sama lain dan menjadi akrab dengan lingkungan kampus. Kegiatan orientasi siswa baru akan membantu Anda mendapatkan teman baru dan melupakan perasaan rindu rumah.

Rencanakan Kapan Akan Pulang

Naluri pertama ketika kamu rindu di perguruan tinggi selama tahun pertama mungkin pulang, tetapi jangan langsung melakukannya. Penting untuk mendorong melalui perasaan sedih dan membangun rutinitas baru yang akan membantu Anda berfokus untuk menjadi diri sendiri. 

Hindari godaan untuk pulang pada akhir pekan pertama setelah kuliah. Rencanakan kunjungan di masa mendatang, tetapi tunggu setidaknya dua bulan untuk melakukan perjalanan ke kota asal Anda. Jika Anda sudah menetapkan tanggal untuk pulang, kamu akan memiliki sesuatu untuk dinantikan, dan ini akan membantu meredakan rasa rindu rumah Anda.

Terlibat di Kampus

Penting untuk segera terlibat dalam organisasi kampus. Manfaatkan ekstrakurikuler olahraga, klub akademik, ansambel musik, atau mengadakan acara dengan aplikasi seperti di UPH Jakarta. Kamu juga bisa melamar pekerjaan paruh waktu saat di kampus.

Terlibat di dalam organisasi atau perkumpulan yang positif akan membantu kamu menjalin pertemanan, mengembangkan resume, dan terhubung dengan fakultas dan staf. Kamu akan terkejut melihat bagaimana bergabung dengan klub kampus akan membantu kamu menyingkirkan rasa homesick.

Ciptakan Ruang Hidup yang Nyaman

Cara sederhana agar kamu tidak merasa rindu saat kuliah adalah dengan menciptakan tempat tinggal nyaman yang mengingatkan Anda pada rumah. Bawalah selimut favorit kamu dan miliki beberapa foto keluarga yang dapat diletakkan di dinding atau di meja. Jika kamu membuat kamar kos yang terasa seperti rumah, kamu akan mulai menganggapnya sebagai tempat sendiri yang familiar.

Tetapkan Rutinitas Harian

Manajemen waktu adalah elemen penting dari kesuksesan, tetapi juga akan membantu kamu melawan rasa rindu rumah yang ekstrim di kampus. Waktu menganggur hanya akan memberi kamu kesempatan untuk merasa kesepian atau bosan.

Cetak jadwal mingguan dan isi setiap jam dengan sesuatu yang harus dilakukan. Kelas didahulukan, kemudian waktu belajar, diikuti oleh klub kampus dan acara sosial. Pastikan untuk berolahraga dan tidur untuk menciptakan rutinitas yang sehat.

Jika kamu memiliki sesuatu untuk dinantikan setiap pagi, kamu akan segera menyesuaikan diri dengan gaya hidup sehari-hari yang menjadi milikmu sendiri. Jika terus mengalami rindu rumah yang ekstrem, pertimbangkan untuk mencari bantuan konselor dan pastikan untuk berbicara dengan orang tua tentang perasaanmu.

Ingatlah bahwa kuliah adalah petualangan yang hebat dan Anda bisa bersenang-senang di sana. Mulailah dengan membuat rencana perkuliahan dan berpegang teguh pada itu. Keberanian adalah kuncinya.