Kewajiban Kaum Wanita Kepada Jenazah Perempuan

Saudara dan saudariku semua para pembaca yang kami banggakan. Pada halaman ini kami akan memberikan satu materi tentang beberapa hal yang menjadi kewajiban orang hidup kepada orang yang sudah mati.

Ada beberapa perkara yang menjadi kewajiban kaum wanita yang masih hidup pada jenazah perempuan. Lalu apa saja sih kewajiban ibu-ibu atau kaum wanita kepada jenazah perempuan itu?, Ada beberapa perkara yang harus dikerjakan oleh kaum wanita untuk mengurusih jenazah perempuan yang memang perihal tersebut tidak boleh dikerjakan oleh kaum laki-laki meskipun itu adalah anaknya kecuali suaminya.

Jenazah Perempuan

Apabila di lingkungan kita ada orang meninggal, dan yang meninggalnya adalah seorang perempuan, maka dalm ta’ziyah tidak ada larangan baik laki-laki maupun perempuan selama tidak menimbulkan fitnah. Membcakan alqur’an di dekat jenazah, surat apapun yang dibaca semuanya bagus, namun pada umumnya mereka membaca surat “Yaa siin”. Semua yang mereka baca baik al-qur'an, dzikir maupun doa itu sangat bermanfaat bagi jenazah.

Yang Diwajibkan Mengurus Jenazah Perempuan

Kewajiban di sini adalah wajib kifayah bukan wajib ‘ain. Jadi jika salah satu di antara kaum wanita yang ada di situ sudah ada yang mengerjakan kewajiban tersebut, maka gugurlah kewajiban buat semuanya yang hadir dan semua lingkungan di sekitarannya. Jika tidak ada salah satu yang mengalah untuk mengerjakan kewajiban tersebut, maka semuanya yang ada di situ berdosa. Dan bukan berarti setelah dikerjakan oleh salah seorang yang ada di situ lalu kemudian semuanya dapat pahala itu tidak. Pahala tetap Allah akan berikan kepada yang mengerjakan kewajiban tersebut.

Yang Diwajibkan Bagi Perempuan Dalam Mengurus Jenazah Perempuan

Jadi yang harus dikerjakan oleh perempuan dalam hal mengurusi jenazah perempuan dengan jalan wajib kifayah itu adalah:

  1. Memandikan jenazah.
  2. Mengkafaninya.

Adapun Menyolatkan dan menguburkan maka itu adalah sudah menjadi kewajiban laki-laki. Dan tidak ada larangan bagi ibu-ibu untuk menyolatkan jenazah baik mayit laki-laki maupun perempuan, jika memang ibu-ibu mau.

Kunjungi: https://www.tanam.co.id/