Pengertian Hari Kiamat, Ciri & Macamnya

Hari kiamat adalah hari-hari yang sangat amat mengerikan dan pasti akan terjadi. Tidak ada yang mengetahui kapan datangnya hari kiamat kecuali hanya Allah azza wajalla. Bahkan malaikat yang bertugas meniup sangka kala pun tidak mengetahui kapan waktu dan datangnya hari kiamat itu. Hanya Allah SWT lah yang mengetahui kapan datangnya hari kiamat.

Hari kiamat adalah salah satu rukun iman yang wajib kita imani. Pada hari kiamat nanti semua akan hancur dan semua akan berakhir, hari kiamat tidak akan pernah bisa dibayangkan, betapa mengerikannya pada hari itu.

Pengertian hari kiamat, Ciri & Macamnya

Untuk mengetahui apa saja ciri dan jenis dari kiamat itu sendiri. Berikut penjelasannya:

Pengertian Hari Kiamat

Hari kiamat berasal dari kata "bahasa arab" yakni yaumul qiyamah yang artinya adalah hari akhir. Secara istilah hari kiamat adalah hari dihancurkannya alam semesta atau seluruh yang ada di langit dan bumi akan hancur menjadi satu, dan berakhir lah kehidupan di dunia, dan dibangkitkannya orang – orang yang sudah meninggal dunia untuk diperhitungkan amalannya dan akan di hisab.

Macam – Macam Hari Kiamat

Adapun macam – macam dari kiamat ini pada hakikatnya terdiri dari dua jenis, yakni kiamat kecil atau bahasa arabnya (kiamat sughro) dan kiamat besar (kubro). Berikut penjelasannya:

1. Kiamat Sughro (kiamat kecil)

Kiamat sughro adalah kiamat kecil yang biasanya ditandai dengan kejadian atau peristiwa – peristiwa yang sering terjadi di dalam kehidupan kita sehari – hari. Akan tetapi kita tidak menyadari akan hal itu, padahal Allah sudah memberikan banyak peringatan.

Adapun ciri – ciri dari kiamat sughro adalah sebagai berikut:

a. Kematian

Kita semua pasti akan merasakan yang namanya kematian. Tidak ada yang tahu kapan kita semua akan dipanggil menghadap Allah SWT. Kita hanya bisa mempersiapkan diri kita dengan amalan-amalan yang sudah Allah perintahkan, dan berserah diri kepada Allah SWT.

b. Bencana Alam

Tanda kiamat sughro yang sekarang sudah banyak sekali kita lihat adalah banyaknya bencana alam dimana-mana. Seperti adanya banjir, gempa bumi, gunung meletus, tanah longsor, wabah penyakit dan lain sebagainya. Tentu kita tahu bahwa saat ini tanda kiamat kecil sudah sangat jelas ada di kehidupan kita saat ini.

Semoga dengan adanya bencana alam kita semakin dekat kepada Allah dan kita selalu berdoa agar selalu mendapatkan pertolongan dari Allah SWT.

  

Baca Juga: https://www.pendidik.co.id/

2. Kiamat Kubro (kiamat besar)

Kiamat kubro adalah hari dimana alam semesta ini haancur lebur menjadi satu dan kehidupan di dunia ini telah berakhir. Adapun ciri dari kiamat kubro di antaranya adalah

  • Matahari terbit dari barat yang berarti ditutupnya pintu taubat
  • Munculnya Dajjal yakni juru kesesatan
  • Turunnya Nabi Isa.as
  • Munculnya Ya’juj dan Ma’juj
  • Munculnya Imam Mahdi
  • Perang besar antara kaum muslim dengan kaum yahudi di Palestina, namun kekalahan berpihak pada kaum yahudi
  • Kematian Isa Al-masih dan Imam Mahdi.
  • Adanya Dabbat al-Ard.
  • Adanya serangan terhadap Mekkah.
  • Adanya angin lembut yang mana angin tersebut dapat mengambil jiwa seluruh orang muslim.

Demikian penjelasan mengenai Pengertian hari kiamat, Ciri & Macamnya. Semoga bermanfaat. Terimakasih ­čÖé