Wajib Tahu! Inilah Gejala Kanker Lidah yang Perlu Diwaspadai

gejala kanker lidah

Kanker lidah merupakan salah satu jenis kanker yang sangat berbahaya. Gejala kanker lidah ini umumnya sulit dikenali. Jadi, banyak dari penderita kanker lidah yang baru menyadarinya saat sudah memasuki kanker lidah stadium terakhir.

Terkadang kanker lidah ini seperti penyakit biasa, sehingga banyak orang yang mengabaikannya. Hal ini dikarenakan oleh gejala kanker lidah yang hampir sama dengan sariawan atau luka biasa pada lidah.

Namun, ada cara untuk mengenali gejala awal dari kanker lidah ini. Gejala kanker lidah yang awal biasanya pada sariawan itu disertai dengan munculnya bercak yang tidak biasa. Sariawan ini juga tidak kunjung sembuh. Bercak yang dimaksud itu dapat muncul di bagian langit-langit mulut, lidah, gusi, dan tenggorokan.

Jika beberapa hal yang diduga gejala kanker tersebut terjadi, segeralah melakukan pemeriksaan untuk mengetahui kejelasannya. Hal ini dilakukan untuk mencegah kanker lidah sejak dini.

Sumber: https://www.deherba.com/ 

Sebenarnya, apa sajakah gejala kanker lidah yang perlu diwaspadai itu? Untuk mengetahui penjelasan lengkap terkait hal tersebut, Anda dapat menyimak penjelasan di bawah ini.

gejala kanker lidah

Gejala Kanker Lidah yang Perlu Diwaspadai.

1. Munculnya bercak yang sulit sembuh

Gejala kanker lidah yang pertama dan sering terjadi adalah munculnya bercak yang sulit sembuh. Bercak dalam mulut dan lidah ini biasanya berwarna merah atau putih.

Jika hal ini terjadi, maka segera lakukan pemeriksaan untuk mencegah terjadinya kanker lidah. Jangan menyepelekannya dengan menunggu sampai terasa sakit, karena biasanya pada awal kanker lidah ini tidak disertai rasa nyeri.

2. Sakit tenggorokan berkepanjangan

Sakit tenggorokan memang wajar dirasakan saat seseorang mengalami flu dan radang. Namun, sakit tenggorokan ini biasanya akan hilang saat flu ini sembuh.

Jika sakit tenggorokan ini berlangsung cukup lama, maka Anda perlu mewaspadainya. Lakukan pemeriksaan segera mungkin untuk memastikannya. Karena bisa saja sakit tenggorokan ini merupakan gejala kanker lidah.

3. Sariawan yang tidak kunjung sembuh

Sariawan memang terkesan sebagai hal biasa. Banyak orang menganggap sariawan hanya karena kekurangan vitamin. Namun, Anda harus mewaspadai jika sariawan yang terjadi tidak kunjung sembuh, biasanya lebih dari 3 minggu. Anda harus segera melakukan pemeriksaan untuk mengetahui kejelasannya.

4. Pendarahan tiba-tiba pada lidah

Gejala kanker lidah lainnya adalah pendarahan pada lidah yang tiba-tiba, bukan karena tergigit atau terkena benda tajam. Hal ini perlu diwaspadai, apalagi jika pendarahan yang terjadi pada lidah ini sangat sering.

5. Rasa kebas dalam lidah

Rasa kebas dalam lidah yang menjadi salah satu gejala kanker lidah adalah rasa kebas yang tidak wajar dan terjadi dalam kurun waktu yang lama. Anda perlu mewaspadainya.

Demikianlah penjelasan terkait gejala kanker lidah yang perlu diwaspadai. Semoga bermanfaat untuk Anda agar dapat mencegahnya sedini mungkin jika ada gejala seperti yang disebutkan diatas.