Apa itu Pengecoran Logam Aluminium??

Teknik Mesin Manufaktur: Proses Pengecoran Logam (Metal Casting)

Pengecoran logam aluminium atau casting iron adalah proses pengerjaan yang paling kompleks dan rumit membutuhkan bahan kimia yang banyak, tepat dan optimal. Metode ini cukup baru di gunakan tetapi sudah ditemukan pada abad 4000 SM.

Bila ingin melakukan pengecoran logam aluminium membutuhkan tenaga ahli yang profesional, peralatan yang mendukung dan canggih, dan tempat yang aman. Tapi jarang sekali ditemukan tempah yang aman di indonesia.

Di sini kita akan menjelaskan tentang sejarah dan keuntungan dari pengecoran logam aluminium, seperti berikut ini:

Lihat juga: Harga Upah Jasa Borongan Pengecoran Beton Murah di Medan

SEJARAH PENGECORAN LOGAM

Di abad ini emas adalah logam pertama yang dapat dibentuk. Karena sulitnya mendapatkan bijih murni perkakas dan dekorasi harus di daur ulang. Tembaga adalah hasil proses pengecoran tertua sekitar 3200 SM di Irak.

Perunggu adalah logam yang kaku daripada emas, lalu di ubah menjadi logam, lalu di lebur dan di tuang menjadi alat, senjata dan lainnya. Pada 2800 SM mesir menggunakan perunggu untuk pengecoran karena efektif dalam memperoleh kekuasaan pada zaman perunggu.

Pada 1300 SM Cina melakukan pengecoran menggunakan pasir untuk melelehkan logam. Pada 500 SM barulah tercipta besi cor yang digunakan pertama kali oleh petani. Pada 300 tahun kemudian barulah digunakan untuk alat atau dekorasi militer.

Pada 1000 tahun kemudian agama memajukan dan berinovasi teknologi pengecoran. Mulai di bangunnya tempat – tempat ibadah. Pada tahun 1313 terciptalah meriam yang menggunakan teknologi yang sama dengan pembuatan pengecoran logam.

KEUNTUNGAN PENGECORAN LOGAM

1. Teknologi Pengecoran Logam Berkembang Setiap Saat

Seperti yang kita ketahui semakin berkembangnya teknologi semakin mempengaruhi semuanya. Tidak luput juga teknologi pengecoran logam yang terus berkembang dari masa ke masa. Penyebaran hasil pengecoran logam menjadi hal penting untuk sektor kehidupan. Seperti, membuat kendaraan, alat rumah tangga, alat kesehatan, konstruksi, bangunan, mesin – mesin industri dan lain – lain.

Setiap tahunnya industri pengecoran logam mampu memproduksi kurang lebih 100 juta ton. Barangnya di proses melalui metode pencetakan, peramuan, peleburan dan penuangan. Produk yang dihasilkan memiliki mempunyai daya guna yang tinggi dan bermutu.

Teknik Mesin Manufaktur: Proses Pengecoran Logam (Metal Casting)

2. Ekonomis dalam Produksi

Pengembangan produk dimulai dari perancangan yang menentukan hasil produksi. Barang yang sudah di produksi menggunakan material yang mengacu pada kekuatan, ketahanan suhu, larutan kimia dan ekonomis, produk ini terhindar dari kegagalan.

Dengan pertimbangan tersebut dapat ditentukan metode pengerjaannya, seperti metode tempa, pengerjaan mesin dan proses pengecoran. Dalam hal ini paling sering menggunakan metode pengecoran logam karena lebih ekonomis.

3. Ramah Lingkungan, Hemat Bahan Baku dan Energi

Melakukan pengecoran logam tidak berdampak buruk terhadap lingkungan kenapa?? Karena sisa bahannya akan selalu digunakan lagi menjadi bahan baku. Sering disebut daur ulang yang akan menciptakan produk lainnya. Sedangkan limbahnya hanya asap dan suara yang tidak merusak lingkungan hidup.

Bahan baku yang digunakan juga bisa terbuat dari bahan bekas. Sehingga industri pengecoran logam dapat mengurangi barang – barang bekas. Maka dari itu tidak hanya hemat biaya bahan baku tetapi juga menghemat energi. Karena pengolahannya tidak memerlukan energi yang bahan.

Nahh itu dia penjelasan tentang pengecoran logam aluminium serta sejarah dan keuntungannya. Buat kalian yang ingin tahu lebih jelas soal pengecoran logam aluminium bisa tanyakan kepada jasa pengecoran logam aluminium di medan.

terimakasih…. stay safe yaa