6 Kesalahan saat Membangun Rumah

Di tengah rencana membangun rumah, banyak hal atau aspek yang harus dipertimbangkan, mulai dari pemilihan material, tenaga kerja, dan aspek lainnya. Perencanaan matang tersebut ditujukan supaya rumah yang dibangun benar-benar menghasilkan hunian yang nyaman ditinggali oleh pemilik rumah.

Akan tetapi, ada kalanya saat membangun rumah ada beberapa kesalahan yang dilakukan dan membuat hasil pembangunan rumah tidak memuaskan. Nah, untuk menghindari hal tersebut, simak yuk 6 kesalahan saat membangun rumah berikut supaya tidak sampai terjadi saat kamu membangun rumah.

Tidak Mempertimbangkan Lokasi Rumah

Dalam membangun suatu rumah, aspek strategisnya lokasi rumah memang tidak boleh dilupakan. Jarak antara rumah dengan sekolah, lokasi kerja, tempat perbelanjaan, fasilitas publik harus dipertimbangkan dengan baik. Jika rumah mempunyai nilai strategis tersebut, tentunya akan membuat pemilik rumah menjadi lebih nyaman karena tingkat mobilitas yang tinggi.

Disamping tingkat strategisnya lokasi rumah, kondisi lingkungan juga harus diperhatikan. Lokasi rumah yang rawan akan banjir atau bencana alam lebih baik untuk dihindari. Hal ini tentu saja untuk menjaga keamanan rumah dan penghuni rumah.

Perencanaan Anggaran Kurang Matang

Kesalahan berikutnya ini tergolong cukup sering terjadi di kala proses pembangunan rumah. Perencanaan anggaran yang kurang matang akibatnya membuat budget yang disediakan kurang, sehingga membuat pemilik rumah harus mencari tambahan budget lagi. Hal ini tentu tak boleh sampai terjadi dan untuk menghindari hal ini, kamu perlu melakukan perencanaan anggaran sejak awal.

Cobalah untuk menghitung bahan atau material yang dibutuhkan, upah tenaga kerja, dan lain sebagainya secara rinci. Akan lebih menguntungkan bila kamu menggunakan jasa seorang arsitek. Dikarenakan biasanya mereka juga akan membantu untuk menghitung jumlah anggaran (RAB) yang harus dikeluarkan, sehingga kamu akan cukup terbantu dengan hal tersebut.

Ukuran Rumah yang Tidak Pas

Ukuran rumah yang dibangun tanpa memperhatikan aspek kenyamanan dari penghuninya juga termasuk dalam kesalahan lain yang terjadi dalam proses membangun rumah. Rumah yang dibangun dengan ukuran terlalu kecil tanpa memperhatikan aspek sirkulasi udara dan penyimpanan barang juga sangat tidak disarankan.

Begitu juga ketika membangun rumah yang terlalu besar sedangkan penghuni rumah tidak terlalu banyak akan membuat pengeluaran dalam pemeliharaan rumah semakin besar. Oleh karenanya, lebih baik untuk mendiskusikan mengenai ukuran rumah ideal dengan desainer maupun arsitek yang profesional. Dengan begitu, rumah yang dibangun akan menghasilkan hunian yang nyaman dan pas.

Memilih Material yang Kurang Berkualitas

Material atau bahan bangunan rumah yang kurang berkualitas akan berimbas pada tingkat keamanan rumah itu sendiri. Dalam hal ini, penting untuk melakukan riset mengenai bahan bangunan yang berkualitas untuk rumah. Jangan hanya tergiur dengan harga murah yang ditawarkan, namun kualitasnya tak seberapa bagus dan malah memberikan kerugian dalam waktu dekat.

Proses Membangun Rumah dilakukan Asal-Asalan

Pembangunan rumah asal-asalan bisa terjadi ketika kamu memilih tenaga kerja yang kurang profesional. Mengingat pembangunan rumah adalah bagian dari kebutuhan primer, maka jangan sampai kamu salah memilih tenaga kerja yang akan membantu pembangunan rumahmu. Usahakan untuk melihat pengalaman mereka dalam membangun rumah, dan akan lebih baik jika kamu juga menggunakan jasa arsitek yang sudah profesional untuk mewujudkan membangun rumah impian.

Tidak Mengolah Limbah Bangunan dengan Baik

Proses membangun rumah juga kerap menghasilkan cukup banyak limbah atau sampah seperti bongkahan kayu, bungkus bahan atau material yang menumpuk, dan lain sebagainya. Sebenarnya limbah-limbah tersebut juga masih dapat diolah kembali dan dijadikan sebagai barang yang berguna. Contohnya, untuk bongkahan kayu dengan bentuk dan ukuran yang layak, dapat digunakan sebagai bahan untuk pembuatan furniture.

Nah, dari penjelasan yang ada di atas, cukup banyak bukan kesalahan yang sering terjadi saat proses membangun rumah. Disamping itu, masih ada hal-hal lain yang perlu kamu perhatikan dalam membangun rumah supaya tidak sampai salah langkah, dan selengkapnya dapat kamu simak di perpusteknik.com yang mana menyuguhkan banyak info dan tips mengenai pembangunan rumah.