Apa Itu HRIS dan Fitur-fitur Pentingnya

Human resource information system atau yang berarti sistem informasi sumber daya menjadi suatu sistem yang diolah oleh personalia perusahaan. Proses pengelolaan ini membutuhkan software HRIS Indonesia yang didalamnya tersemat fitur-fitur khusus untuk memenuhi kebutuhan pengolahan data karyawan.

Pengertian HRIS

HRIS adalah kepanjangan dari human resource system yang merupakan sebuah perangkat lunak. Aplikasi ini memiliki tujuan untuk membantu sistem administrasi Perusahaan menjadi lebih baik. Selain itu, aplikasi HRIS sudah dianggap sebagai solusi untuk Perusahaan karena dapat memudahkan pekerjaan SDM menjadi sangat efisien dan efektif. Untuk itu, perlulah kita mengetahui lebih lanjut tentang apa itu HRIS dan fitur-fitur pentingnya dalam aplikasi sebagai berikut.

Manajemen absensi

Fitur pertama yang harus ada dalam sistem HRIS adalah absensi atau pencatatan kehadiran karyawan. Hal ini menjadi tolak ukur untuk melihat kedisiplinan seorang karyawan. Biasanya manajemen absensi ini terhubung dengan manajemen penggajian. Yang mana banyaknya kehadiran kerja karyawan akan berpengaruh pada upah yang akan didapatkan karena telah diperhitungkan secara akurat oleh sistem.

Manajemen payroll

Selanjutnya terdapat fitur manajemen payroll atau penggajian karyawan. Pada fitur ini, sistem HRIS telah merancang perhitungan gaji karyawan seakurat mungkin dan secara otomatis. Perhitungannya didasarkan pada jumlah kehadiran, kualitas kerja masing-masing karyawan hingga pajak yang dipotongkan pada penghasilannya.

 

Manajemen perekrutan karyawan

Manajemen perekrutan karyawan menjadi salah satu bagian dari apa itu HRIS dan fitur-fitur pentingnya dalam aplikasi pengelolaan SDM. Dengan adanya fitur ini, tim personalia akan mudah mengatur kapan dibutuhkannya perekrutan karyawan baru yang meliputi beberapa proses perekrutan. Selain itu, personalia akan mengetahui dari sistem jika salah satu unit bagian kerja sedang membutuhkan tambahan tenaga yang baru.

Pembuatan pelaporan otomatis

Setelah banyaknya proses yang dilalui untuk mengelola informasi SDM, maka fitur yang paling penting untuk sebuah sistem kelola SDM yakni adanya pelaporan di akhir masa periode tertentu. Jika menggunakan software HRIS, dijamin tim personalia dapat membuat pelaporan data karyawan, payroll, keuangan, dan lainnya secara otomatis.

 

Penutupan

Demikian pembahasan mengenai apa itu HRIS dan fitur-fitur pentingnya di dalam software. Beberapa fitur-fitur yang ada di atas merupakan bagian penting yang paling dibutuhkan unit HR untuk mengelola data karyawan. Jika proses pengelolaan dilakukan secara cepat dan teratur, maka keuntungannya yakni meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja perusahaan.