Rekomendasi 3 Jenis Kelengkeng Dataran Rendah yang Cepat Berbuah

Buah kelengkeng merupakan tanaman buah yang banyak dibudidayakan oleh orang Indonesia. buah yang kebanyakan tersebar di Asia Tenggara ini memiliki penampilan buah dengan bentuk bulat dan kulit buah berwarna cokelat. Walaupun ada juga jenis kelengkeng yang memiliki warna merah, hanya saja umumnya  buah kelengkeng kulitnya berwarna cokelat.

Buah kelengkeng merupakan tanaman buah dataran tinggi, namun berkat pengembangan yang dilakukan oleh banyak petani buah, saat ini banyak buah kelengkeng yang dapat ditanam pada daerah dataran tinggi. Jadi bagi anda yang tinggal di wilayah dengan tingkat ketinggian di bawah 700 mdpl pasti dapat membudidayakan buah kelengkeng. Beberapa jenis kelengkeng yang bisa anda tumbuhkan dan buahkan di wilayah dataran rendah yaitu :

1.    Kelengkeng Merah

Tidak semua jenis kelengkeng memiliki kulit buah berwarna cokelat. Buah kelengkeng satu ini contohnya, kelengkeng yang satu ini memiliki penampakan buah yang eksotis dengan warna merah solid. Bukan hanya buahnya bibit kelengkeng merah juga memiliki batang berwarna merah dan daun berwarna merah juga.

Walaupun memiliki bentuk dan warna yang berbeda, tetapi rasa buah kelengkengnya masih sama seperti jenis kelengkeng lain. ditambah lagi daging buah kelengkeng merah lumayan tebal dengan tekstur buah yang renyah karena kandungan air di dalam buahnya yang tidak banyak.

Baca Juga : Pusat Bibit Kelengkeng Unggul

Bibit kelengkeng merah terkenal genjah atau dapat berbuah dengan cepat. Anda bisa mendapatkan bibit kelengkeng merah di sekitar toko pertanian sekitar tempat tinggal anda.

2.    Kelengkeng Kateki

Kelengkeng dataran rendah yang kedua adalah kelengkeng kateki atau anda mungkin biasa menyebutnya dengan kelengkeng new kristal. Kelengkeng dataran rendah yang satu ini merupakan jenis yang paling populer dan paling banyak dicari oleh penggemar buah kelengkeng.

Tidak heran rasa buah kelengkeng kateki memang sangat lezat, citarasa buahnya sangat manis dan juga kering sehingga membuat kelengkeng yang satu ini memiliki tekstur yang renyah. Apalagi ukuran buah kelengkeng kateki begitu besar, anda bisa mendapatkannya tandan kelengkeng kateki dengan bobot hingga mencapai 2 kg.

Dapatkan bibit kelengkeng kateki di tempat jual bibit kelengkeng kateki terdekat dengan tempat tinggal anda. anda tidak akan menyesal untuk menanam kelengkeng yang satu ini.

3.    Kelengkeng Matalada

Satu lagi buah kelengkeng dataran rendah yang banyak dicari oleh penggemar buah yaitu kelengkeng matalada. Buah kelengkeng matalada terkenal karena sangat tebal dan memiliki buah dengan biji begitu kecil. Bahkan dikatakan jika biji kelengkeng matalada hanya sebesar lada.

Pohon kelengkeng matalada terkenal akan sifatnya yang genjah alias dapat berbuah dengan cepat. Bibit kelengkeng matalada juga sangat mudah perawatannya sehingga tidak heran banyak orang ingin membudidayakan kelengkeng yang satu ini.

Rasa kelengkeng matalada juga sangat lezat karena begitu manis dan renyah. Rasa buah kelengkeng seperti inilah yang disukai oleh banyak orang. Bukan yang malah berair dan buahnya blenyek. Jadi segera dapatkan bibit kelengkeng matalada dan tanam di halaman rumah anda.

Itulah bibit bibit kelengkeng dataran rendah yang bisa anda pilih untuk anda tanam di rumah. Gunakan tabulampot untuk memudahkan anda mengatur bibit kelengkeng tersebut.