Ketahui Apa itu Landing Page untuk Strategi Marketing Website

Apakah Anda sedang mencari strategi marketing yang tepat untuk bisnis online Anda? Maka Landing page dapat menjadi solusi strategi marketing yang efektif menggunakan website. Manajemen landing page yang tepat dapat membantu bisnis atau toko online Anda menghasilkan banyak uang hanya dengan website toko. 

Itulah sebabnya wajib bagi Anda, para pebisnis online mengetahui landing page untuk mengembangkan brand Anda melalui website. Dari performa menakjubkan tersebut sebenarnya apa itu landing page? Bagaimana landing page dapat mensukseskan website toko online? Berikut ini penjelasan apa itu landing page, dari jenis-jenisnya sampai perbedaanya dengan Homepage. 

 

Mengenal Apa Itu Landing Page

Landing page merupakan tampilan desain halaman website yang sesuai dengan mindset marketing. Halaman inilah yang kemudian akan muncul saat pengguna mengunjungi sebuah website dari hasil pencarian mereka. 

Landing page juga dapat diartikan sebagai bentuk halaman utama yang ditampilkan kepada pengunjung website. Perlu Anda ketahui bahwa landing page dibuat secara terpisah dari sebuah website. Maksudany adalah tidak satu kesatuan dari website sehingga bisa diatur sedemikian rupa sesuai dengan tujuan website tersebut dibuat. 

Tujuan landing page dibuat terpisah adalah karena untuk menjauhkan website dari link atau menu lainnya. Hal ini untuk menghindari pengunjung terganggu atau teralihkan perhatiannya saat mengunjungi website yang tidak sesuai dengan tujuan website tersebut.

Jadi, Landing page ini berorientasi pada action yang akan dilakukan oleh pengunjung website dan pencapaian konversi pada brand tertentu. Sehingga Landing page ini dapat menjadi ruang bagi calon customer untuk menentukan pilihannya untuk membeli produk Anda atau tidak. Untuk menentukan strategi dengan Landing page, Anda perlu mengetahui jenis-jenis landing page yang bisa digunakan.

 

Jenis-Jenis Landing Page

Berikut ini jenis landing page berdasarkan tujuannya:

1. Click Through

Landing page click through bisa digunakan jika Anda memiliki tujuan membujuk pengunjung website untuk mengklik halaman lainnya. Jenis ini dapat Anda gunakan dalam bisnis di e-commerce untuk menggambarkan produk secara lebih detail dan terperinci. Disinilah Anda harus membuatnya semenarik mungkin agar memancing pengunjung Anda melihat produk dan akhirnya menjatuhkan pilihan untuk membelinya. 

Ciri-ciri jenis landing page click through yang dapat dilihat adalah munculnya iklan untuk mengarahkan pengunjung ke keranjang belanja atau halaman pendaftaran member toko. Buatlah semenarik mungkin agar membuat pengunjung menerima informasi yang cukup dan akhirnya menentukan keputusan untuk melakukannya. 

2. Lead generation

Landing page lead generation membuat pengunjung website bisa langsung melakukan konversi di halaman tersebut tanpa berpindah ke halaman lainnya. Mereka hanya perlu satu klik saja untuk melakukan tindakan pada brand Anda di website tersebut. 

Lead generation berfungsi untuk mengumpulkan lead secara langsung dari website Anda. Jadi jenis landing page ini cocok Anda gunakan untuk penawaran yang tidak berisiko atau membebaskan pilihan pengunjung untuk melakukan tindakan di website Anda. Jadi perbedaan mencolok dengan click through adalah lead generation lebih singkat, jelas, dan menarik. 

 

Perbedaan Dari Landing Page dan Homepage

Landing page dan Homepage memiliki perbedaan dasar, yakni tujuannya dalam menampilkan website. Landing page biasanya hanya memiliki satu tujuan sehingga link atau tombol di halaman ini hanya satu. Sedangkan Homepage bisa memiliki 43 link atau tombol di halamannya. 

Berikut ini perbedaan karakteristik yang dimiliki landing page dan homepage dalam tampilan website:

Homepage

Landing Page

Tampilan halaman utama pada sebuah website

Memiliki fungsi khusus dalam tampilan website

Menampilkan tombol navigasi dan URL menuju halaman penting di sebuah website

Menjadi strategi marketing agar konsumen lebih fokus dan menjatuhkan pilihan untuk membeli produk

Memberikan edukasi seputar produk dan layanan yang ditawarkan

Memberikan informasi hanya tentang produk kepada konsumen

Nah. Itulah penjelasan tentang apa itu landing page, mulai dari jenis-jenis hingga perbedaannya dengan Homepage. Jika Anda ingin menarik banyak pengunjung website dan membuatnya segera membeli produk Anda, maka Landing page adalah salah satu strateginya. Namun untuk Anda yang belum mahir untuk mengelola website sendiri dan membuat landing page yang sesuai. Maka Anda bisa menggunakan jasa pembuatan landing page untuk membantu mengoptimalkan bisnis dan website Anda.