Tumbuhan yang Berkembang Biak dengan Stolon

Ada berbagai cara tumbuhan berkembang biak, namun semua itu dapat dibedakan menjadi dua perbedaan utama yaitu berkembang biak secara generatif dan secara vegetatif.

Berkembang biak secara generatif artinya sebuah tanaman melakukan perkawinan kemudian dari hasil perkawinan tersebut menghasilkan buah dan biji yang menjadi cikal bakal penerus keturunan dari suatu tumbuhan.

Perkawinan pada tumbuhan dilakukan dengan bantuan serangga seperti lalat buah, burung, belalang, semut, kupu-kupu, lebah, tawon, dan lainnya yang membawa serbuk sari yang berasal dari benang sari.

Selain cara generatif, tumbuhan juga mengembangkan cara berkembang biak dengan vegetatif yang artinya tidak membutuhkan perkawinan. Tumbuhan yang dapat kerkembang biak secara vegetatif sangat banyak sekali dan sebagian dapat dimanipulasi oleh manusia. Vegetatif yang dilakukan atas intervensi manusia disebut dengan vegetatif buatan sedangkan tanpa intervensi manusia disebut dengan vegetatif alami.

Vegetatif buatan diantaranya adalah okulasi, cangkok, setek, merunduk, dan lainnya. Sedangkan vegetatif alami seperti umbi lapis, umbi batang, spora, tunas dan geragih atau stolon.

Geragih atau stolon adalah salah satu cara yang dilakukan oleh tanaman untuk memperbanyak diri dengan menumbuhkan tanaman baru pada bagian ruas-ruas batang. Tumbuhan baru yang tumbuh dari ruas-ruas ini nantinya akan menjadi dewasa dan menggantikan tanaman lama sembar mengembangkan jalur baru untuk dirambah.

Tanaman yang mengembangkan stolon, biasanya akan tumbuh menjauhi induk untuk memperluas teritori dan mencari sumber nutrisi baru di tempat lain. Ada banyak sekali tanaman yang berkembang biak dengan cara stolon berikut diantaranya:

 

1. Kentang

Kentang berkembang biak dengan stolon dengan menumbuhkan tunas baru di dekat akar yang kemudian menjadi tumbuhan baru yang mandiri. Tumbuhan yang mempunyai nama latin solanum tuberosum ini juga bisa ditanam dengan menanam bibit kentang yaitu kentang itu sendiri. bibit kentang bukanlah kentang biasa melainkan kentang yang secara khusus dipilih untuk dijadikan bibit.

 

2. Eceng gondok

Eceng gondok juga memperbanyak diri dengan cara stolon dan ini menjadi keuntungan besar bagi eceng gondok sebab dengan hidupnya di air, ia dapat dengan mudah menggandakan diri dengan cepat.