Kelemahan Sumur Resapan Septic Tank dan Pentingnya Beralih pada Bio Septic Tank

septic tank

Kebanyakan rumah di Indonesia masih menggunakan septic tank dengan sistem tradisional. Septic tank jenis ini umum dijumpai di setiap rumah dengan memanfaatkan sumur resapan septic tank. Sebenarnya jenis septic tank ini tidak ada salahnya digunakan, namun untuk jangka waktu yang lama. Sangat mungkin metode ini akan menimbulkan akibat kurang baik untuk lingkungan.

Hal ini karena, septic tank yang masih tradisional biasanya tidak dilengkapi dengan teknologi bio. Padahal teknologi ini dapat menyaring dan membersihkan limbah agar lebih aman bagi lingkungan. Penggunaan sumur resapan, membuat resiko pencemaran lingkungan sangat tinggi apalagi jika dilakukan dalam waktu lama.

septic tank

Kelemahan Septic Tank dengan Sistem Sumur Resapan

Agar lebih jelas mengenai kelemahan metode ini, berikut ini akan dibahas mengenai kelemahan metode septic tank dengan metode sumur resapan. Hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi para pengguna untuk beralih pada metode yang lebih ramah lingkungan. Berikut ulasan yang dimaksud:

1. Tidak Memiliki Sistem Teknologi Bio

Seperti yang disebutkan sebelumnya, septic tank tradisional biasanya tidak dilengkapi dengan teknologi bio. Hal ini membuat limbah yang dibuang dan diserap oleh sumur resapan septic tank masihlah mentah dan tidak melalui proses pembersihan sama sekali. Jadi, resiko kontaminasi limbah ini pada lingkungan sangatlah tinggi.

Apalagi jika septic tank digunakan dalam waktu lama dan sumur resapan ini akan menyerap zat kontaminasi secara konstan. Jika septic tank berjarak cukup dekat dengan sumber air, sangat besar kemungkinan terjadinya kontaminasi air. Tentunya akan mengganggu kesehatan manusia.

2. Menimbulkan Bau yang Menyengat

Septic tank tradisional memiliki fungsi yang paling sederhana yaitu hanya untuk menyimpan limbah kotoran saja. Berarti kotoran hanya disimpan dalam ruang tertutup tanpa adanya proses pengelolaan limbah seperti yang biasanya ada pada bio septic tank. Bayangkan saja kotoran yang disimpan dalam ruangan tertutup dalam waktu yang lama. Pastinya dapat menimbulkan bau yang menyengat. 

3. Tidak Murah Seperti yang Terlihat

Alasan mengapa septic tank tradisional ini banyak digunakan dan dipilih oleh rumah-rumah di Indonesia adalah karena harganya yang murah. Sebenarnya septic tank ini tidak murah seperti yang terlihat. Harganya rendah karena memang hanya memiliki fungsi untuk menyimpan saja. Padahal dengan merogoh kocek lebih dalam sedikit, pengguna bisa mendapatkan fungsi yang lebih banyak. Seperti sistem filtrasi dan desintifikasi pada bio septic tank.

 

Pentingnya Beralih pada Teknologi Bio Septic Tank BioRich

Setelah mengetahui kelemahan dari septic tank tradisional yang menggunakan metode sumur resapan. Pastinya harus ada metode pengganti yang bisa menjadi solusi untuk menggantikannya. Sekarang ada banyak inovasi baru dalam bidang pembuatan septic tank salah satunya adalah septic tank yang sudah dilengkapi dengan sistem teknologi bio yang disebut bio septic tank. Berikut ini adalah alasan pentingnya beralih:

1. Lebih Ramah Lingkungan

BioRich telah dilengkapi dengan berbagai sistem yang menjamin limbah buangan dari septic tank ini akan lebih ramah lingkungan. Mulai dari metode penguraian limbah, sistem filtrasi air, bahkan sampai sistem desertifikasi. Melalui proses-proses ini limbah yang dibuang bahkan akan sangat aman untuk dibuang di saluran air biasa tanpa menimbulkan kontaminasi.

2. Memiliki Fungsi yang Lebih Lengkap

Walaupun memiliki harga yang lebih murah, namun septic tank tradisional hanya memilih fungsi untuk menyimpan saja. Berbeda dengan BioRich dibandingkan dengan fitur yang bisa didapatkan oleh pengguna. Tentu saja, harga dari BioRich termasuk pemasangannya di Rumah tergolong murah.

3. Tidak Memerlukan Sumur Resapan

Septic tank dengan teknologi bio tidak memerlukan sumur resapan lagi untuk mengurangi volume penyimpanannya. Sudah ada metode pengurai di dalamnya, hal ini dapat mengurangi resiko pencemaran tanah oleh limbah rumah tangga. Proses pemasangan juga jauh lebih sederhana. Selain itu, BioRich ini tidak memerlukan perawatan khusus seperti septic tank tradisional.

 

Itulah kelemahan sumur resapan septic tank dan pentingnya untuk beralih pada teknologi bio. Segera dapatkan BioRich melalui akses situs https://www.suryafibertek.co.id/septic-tank-biotech/. Terdapat informasi lengkap mengenai produk BioRich serta informasi pemesanan yang bisa diakses secara online.