Mengenal Apa itu USB C dan Keunggulannya

Pasti banyak orang yang bertanya-tanya tentang apa itu USB C? Apa keunggulan dari USB C?  Disini penulis akan menjelaskan  dan membahas secara lengkap mengenai USB type C serta keunggulan menggunakan USB type C dalam kehidupan sehari-hari. Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

 

Mengenal apa itu USB Type C?

USB type C merupakan singkatan dari Universal Serial Bus Type-C. USB-C ini merupakan spesifikasi USB yang digunakan untuk sebuah konektor 24 pin. USB ini dapat digunakan untuk mentransfer data dan tenaga listrik.  Kelebihan utama dari USB type C Vention ini adalah konektor 24 pin yang bisa digunakan secara bolak-balik.

USB Type C adalah kabel konektor USB keluaran terbaru dengan segudang fitur canggih. USB type C ini bisa disebut sebagai USB versi 3.1.  Dimana USB ini merupakan penerus dari USB sebelumnya yaitu versi 2.0 dan 3.0. Pada awalnya USB ini USB type C hanya digunakan untuk perangkat laptop saja.

Dengan seiringnya zaman dan perkembangan teknologi, beberapa smartphone sekarang sudah menggunakan USB type C ini. Seperti smartphone Vivo Y21s, Asus Zenfone 3, Xiaomi Mi 4c, dan lainnya.

Keunggulan USB Type C

1. Desain Ramping dan Anti Terbalik

Bentuk USB Type C ini lebih tipis dan lebih kecil dibandingkan USB lainnya. Tak heran apabila smartphone sekarang banyak yang mempunyai body lebih tipis dan menggunakan USB type ini.  Tak hanya tipis, USB type C mempunyai bentuk dan ukuran yang sama untuk sisi atas dan sisi bawah. Serta USB ini tidak memiliki penghalang sehingga pengguna akan mudah untuk memasukkan USB tanpa khawatir USB terbalik.

Hal ini berbeda jauh dengan USB type sebelumnya, USB versi 2.0 yang mempunyai sisi atas dan sisi bawah tidak sama serta ini menjadi penghalang USB tidak akan masuk sempurna apabila posisinya terbalik.

2. Bisa Digunakan Mengisi Baterai Lebih Cepat

USB Type C mempunyai kecepatan dalam mengisi daya untuk smartphone yang lebih cepat dibandingkan dengan USB versi 2.0 . USB very 2.0 mayoritasnya digunakan pada  smartphone android.

Pengisian baterai dengan USB versi 2.0 saat ini dapat mentransfer daya sampai 2,5 volt pada kekuatan arus 1,8 ampere. Maka, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya smartphone berkisar antara 2 sampai 2,5 jam. 

Sedangkan pengisian dengan USB type C ini dapat mentransfer daya listrik hingga 20 volt pada kekuatan arus 5 ampere. Sehingga, waktu yang digunakan untuk mengisi daya untuk smartphone type C ini hanya berkisar 1 jam saja. Apalagi, itu belum dilengkapi dengan fitur fast charging. Apabila dilengkapi dengan teknologi fast charging, kemungkinan smartphone akan cepat terisi dayanya.

3. Dapat mentransfer data lebih cepat

Dengan memiliki rancangan teknologi yang terbaru, USB Type-C dapat mentransfer data dengan waktu yang cepat. Lebih cepat dari USB type lainnya. Contohnya USB sebelum Type-C yang masih lambat yaitu USB type 2.0.

USB type 2.0 ini hampir digunakan diseluruh smartphone android saat ini. Dengan memiliki mentransfer data sampai 480 Mb per detiknya. Namun USB Type-C bisa mentransfer data lebih cepat hingga 20 kali dari type 2.0. Serta USB Type-C memiliki kecepatan maksimal sampai 10 GB per detiknya.

Tetapi hal penting yang perlu diperhatikan yaitu USB Type-C akan lebih cepat mentransfer data jika keduanya sama-sama memakai USB Type-C. Dan jika keduanya memiliki type USB yang beda maka akan sedikit lambat dan tidak bisa mentransfer data secara cepat dan maksimal.

4. Bisa menampilkan gambar dengan resolusi tinggi ke proyektor atau TV

USB Type-C juga bisa menampilkan gambar dengan resolusi yang tinggi ke proyektor ataupun TV. Resolusi yang bisa ditampilkan jika menggunakan USB Type-C tersebut paling tinggi yaitu 4K.

Tetapi juga harus memerlukan alat konektor tambahan agar terhubung ke proyektor atau TV. Alat konektor tambahan tersebut seperti menggunakan port HDMI, VGA, displayport, dan juga DVI.

Dengan menggunakan fitur tersebut maka bisa sangat membantu jika Anda ingin menampilkan gambar dengan resolusi tinggi ke proyektor atau TV. Sangat cocok untuk Anda yang sering mengajar atau presentasi memakai proyektor.

5. Dapat cabut pasang sampai ribuan kali 

Tidak hanya canggih, USB Type-C juga memiliki daya tahan yang baik serta awet. Dan dikabarkan bahwa USB Type-C ini dapat dicabut pasang sampai ribuan kali tanpa perlu khawatir rusak. Terutama jika Anda sering mengisi daya smartphone dan mentransfer data melalui PC atau laptop.

Jika dibandingkan dengan USB lainnya tentu sangat berbeda sekali. USB standard hanya dapat dicabut pasang sampai 1.500 kali saja. Dan jika sudah lebih dari itu maka USB standard memiliki kemungkinan yang besar performanya akan menurun. Dan yang lebih parahnya lagi bisa rusak. 

 

Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu USB Type-C dan keunggulannya. Namun jika memiliki keunggulan pasti ada kekurangan. Jadi jangan hanya memandang keunggulannya saja.