Penggunaan Septic Tank Filter dan Cara Kerjanya

septic tank

Biofil atau septic tank filter merupakan salah satu media yang digunakan untuk mengelola limbah manusia, baik tinja atau urine. Tapi proses pengolahan disini dilakukan secara biologis dengan memanfaatkan bakteri pengurai. Limbah tersebut akan dinetralkan agar tidak mengakibatkan polusi air. Sehingga septic tank jenis ini banyak digunakan di berbagai tempat.

 

Penggunaan Septic Tank Biofilter

Septic tank biofilter ini dipercaya lebih ramah lingkungan dengan pengelolaan yang sederhana. Limbah yang telah diolah tidak akan lagi mencemari sumber air resapan di sekitarnya. Sehingga kebersihan dari air tersebut bisa tetap terjaga. Karena itulah, banyak sekali yang menggunakan septic tank ini mulai dari limbah skala kecil sampai besar.

septic tank

1. Rumah Tangga

Tempat pertama yang pasti dan banyak memanfaatkan septic tank tersebut dalam pengolahan limbah tentunya di rumah tangga. Pada lokasi ini limbah manusia yang diolah masih dalam skala kecil. Sehingga besar tabung septic tank yang digunakan pun bisa lebih disesuaikan dengan pengguna. Biasanya kapasitas yang dimiliki antara 6 sampai 12 orang.

2. Fasilitas Umum

Bukan hanya skala rumah tangga yang menggunakan biofilter sebagai jenis septic tank. Tapi juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan komunal pada fasilitas umum. Skala dari limbah yang diolah pun tentu jumlahnya jauh lebih besar. Karena angka penggunanya juga lebih banyak. Kapasitas minimalnya adalah 20 dan tidak melebihi dari 210 orang.

3. Rumah Makan dan Hotel

Septic tank ini dipakai pada rumah makan guna berperan sebagai grease trap. Yang mana fungsinya adalah menyaring limbah yang berupa lemak dari makanan. Selain itu, hotel juga menggunakan jenis septic tank tersebut guna melakukan pengolahan air. Baik itu berupa air bersih maupun kotor. Sehingga kenyamanan dan kepuasan pelanggan tetap terjaga.

 

Cara Kerja Septic Tank Biofilter

Septic tank filter ini berbeda dengan yang berjenis konvensional. Sebab bahan yang digunakan yaitu fiberglass berkualitas. Beberapa sifat yang dimiliki adalah anti terhadap korosi dan lebih awet, serta tidak mudah pecah sehingga tahan lama. Jenis septic tank ini juga memiliki cara kerja khusus yang membuatnya tergolong ramah terhadap lingkungan.

1. Pengumpulan Limbah

Tahapan pertama dari cara kerja septic tank biofilter yaitu proses pengumpulan semua limbah. Baik adanya limbah tersebut yang berbentuk cair, seperti urine. Atau juga kotoran padat berupa tinja. Limbah-limbah itu akan dikumpulkan di dalam sebuah bak equalisasi. Dalam penampungan ini, limbah juga dihancurkan dengan menggunakan media penghancur khusus.

2. Penguraian Bakteri

Setelah semua limbah berhasil dikumpulkan dan dihancurkan, akan ada proses pengerjaan berikutnya. Dalam tahapan kedua ini, bakteri pengurai memiliki peran yang sangat penting. Bakteri-bakteri tersebut bertugas untuk melakukan penguraian dan memakan limbah. Sehingga, limbah yang berbentuk padat seperti tinja dapat diubah menjadi cair. Selanjutnya akan berlanjut ke cara kerja ketiga.

3. Filterisasi

Cara kerja berikutnya dari septic tank jenis filter ini adalah melakukan filterisasi terhadap limbah yang sudah berupa cair. Dalam proses ini dilakukan oleh biofilter. Hal inilah yang membuat cairan lebih aman dan tidak akan mengakibatkan polusi. Tapi sebelum dibuang, harus disterilkan dengan menyemprotkan disinfektan. Sehingga nantinya semua kuman bisa terbunuh.

 

Demikian penjelasan mengenai septic tank filter dan penggunaannya di berbagai tempat. Jenis ini juga mempunyai cara kerja khusus yang membedakannya dengan konvensional. Hasil pengolahan limbah pun juga lebih ramah terhadap lingkungan. Hal inilah yang menjadi keunggulannya, seperti halnya septic tank biotech. Untuk mengetahui informasi lebih mendetail, bisa mengunjungi situs https://www.biotechno.co.id/septic-tank-bio/.