Cara Mencari Jurnal Internasional di Google Scholar

Bagi Anda yang sedang membuat karya ilmiah, tentu membutuhkan referensi dari sumber terpercaya. Untuk itu, ketahui cara mencari jurnal internasional sebagai sumber referensi untuk memperkuat argumen penelitian yang Anda lakukan.

Jurnal internasional seperti apa? Jurnal internasional adalah jurnal yang ditulis sesuai kaidah ilmiah, memiliki ISSN, memiliki terbitan versi online, dan sebagainya. Sehingga jurnal internasional bisa dipercaya untuk dijadikan referensi pembuatan jurnal.

 

Mencari Jurnal Internasional di Google Scholar

Sebelum Anda mengetahui cara untuk mencari jurnal internasional melalui Google Scholar, maka ketahui beberapa fitur di Google Scholar yaitu sebagai berikut ini:

  • Menyediakan literatur dari berbagai macam bidang ilmu, seperti pendidikan
  • Memudahkan pembaca untuk menemukan referensi
  • Menyediakan berbagai macam dokumen atau contoh artikel yang lengkap
  • Mengikuti perkembangan penelitian terbaru
  • Berguna untuk mengkroscek karya tulis yang dikutip

Berikut bagaimana cara mencari jurnal internasional di Google Scholar? Bagi Anda yang belum mengetahuinya, simak beberapa cara berikut ini:

  1. Pertama buka situs Google Scholar melalui alamat scholar.google.com
  2. Setelah situs terbuka, disana halaman tersebut Anda akan menemukan kolom pencarian seperti di mesin pencarian Google.
  3. Kemudian masukkan kata kunci yang diinginkan. Misalnya saja Anda ingin mencari jurnal “ Penanganan Covid-19 untuk Lansia”. Maka Anda bisa memasukkan kata tersebut di dalam kolom pencarian Google Scholar.
  4. Berikutnya Google Scholar akan segera menampilkan dokumen-dokumen mengenai kata kunci yang Anda masukkan.
  5. Selanjutnya pilih salah satu hasil pencarian dan pastikan referensi tersebut memenuhi syarat jurnal internasional, sehingga referensi tersebut termasuk kredibel dan terpercaya.
  6. Selanjutnya bagi Anda yang belum tahu dimana download jurnal internasional gratis? Maka ketahuilah di Google Scholar ini Anda bisa mendownloadnya dengan mudah. Setelah mengikuti semua cara di atas Anda bisa mendownload jurnal dalam bentuk file PDF.

Lalu bagaimana cara mencari artikel ilmiah? Selain melalui Google Scholar, Anda bisa mendapatkan artikel ilmiah dengan mudah melalui media lainnya. Beberapa diantaranya yaitu ScienceDirect, Research Gate, Cambridge Core, DOAJ, LIPI, Perpustakaan Nasional (Perpusnas), dan Oxford Journal.

Melalui beberapa website di atas, Anda bisa menemukan cara mencari jurnal internasional dengan mudah dan sudah terindeks scopus. Namun dalam proses pencarian jurnal ini Anda harus teliti, apakah referensi tersebut kredibel atau tidak.

Setelah karya ilmiah atau jurnal yang Anda buat sudah selesai, maka Anda bisa mempublikasikannya. Nah, untuk mempublikasikan karya ilmiah ini Anda bisa menggunakan jasa Ridwan Institute. Di sana Anda bisa mendapatkan pelayanan dan hasil yang terbaik untuk jurnal yang Anda buat