Kelebihan Memakai Plafon Gypsum untuk Rumah Anda

Plafon atau yang dikenal juga sebagai langit-langit memang termasuk komponen penting yang ada dalam rumah. Rumah tanpa diberi plafon biasanya tampilannya cenderung kurang estetik, serta lebih mudah kotor dibandingkan dengan rumah yang memiliki plafon. Karena memang plafon ini sendiri memiliki banyak fungsi, diantaranya adalah untuk kenyamanan, keamanan sampai dengan keindahan di dalam ruangan Anda. Ada banyak sekali pilihan material yang dapat digunakan untuk plafon ini.

Diantaranya yang cukup banyak dipakai adalah PVC, kayu sampai triplek, asbes dan yang cukup diminati oleh masyarakat belakangan ini adalah plafon gypsum. Memang jenis plafon bermaterial gypsum sangat populer beberapa tahun belakangan, karena selain dari segi tampilannya yang membuat rumah jadi lebih indah, sebenarnya juga dari segi perawatannya terbilang mudah. Bahkan tak hanya banyak dipakai di rumah-rumah saja. Melainkan jenis plafon yang satu ini juga banyak digunakan di hotel-hotel maupun gedung komersial yang lainnya karena dapat dibentuk sesuka hati.

plafon gypsum

Ada banyak kelebihan dari plafon gypsum ini yang patut Anda ketahui diantaranya adalah:

1.    Memiliki banyak variasi

Jenis plafon yang satu ini memang punya jauh lebih banyak variasi serta aksesoris yang menyertainya, entah itu untuk bagian sudut maupun yang ada di tengah. Sehingga nantinya Anda juga dapat bereksplor sesuka hati ketika memakai plafon tersebut di rumah. Anda juga dapat memilih gypsum di pasaran dengan ukuran lembaran yang cukup beragam, begitu juga untuk ketebalannya sendiri.

2.    Meningkatkan nilai estetika hunian Anda

Karena memang untuk modelnya dapat dibentuk sesuai dengan selera Anda, maka hal ini punya nilai lebih dari segi estetika, dimana bisa membuat plafon tersebut tampil secara lebih menarik. Ingin model seperti apapun mulai diantaranya yang katedral sampai dengan konvensional bisa memakai plafon tersebut.

3.    Mudah diperbaiki jika seandainya rusak

Jika seandainya terjadi kerusakan di satu bagian tertentu, maka plafon gypsum ini juga sangat mudah untuk diperbaiki, Anda tidak perlu membongkar semuanya, cukup dipotong dan diganti yang baru maupun dengan cara diplester saja sudah bisa seperti baru lagi.

4.    Proses pemasangan cenderung cepat

Anda juga tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya untuk tenaga pemasangan, karena memang proses untuk pemasangannya sendiri cenderung cepat. Karena dibandingkan dengan jenis plafon yang lainnya, maka plafon gypsum ini paling cepat untuk pengerjaannya.

5.    Harga juga terjangkau

Jika berbicara mengenai harga dari plafon yang satu ini juga tak perlu khawatir, karena memang masih bisa dikatakan terjangkau, umumnya tergantung dari ukuran atau ketebalan yang Anda inginkan, karena semakin tebal maka harga juga akan semakin mahal. Sesuaikan saja dengan budget yang Anda miliki.

 

Ada yang pemasangannya menggunakan tenaga tukang harian, namun tak jarang juga yang sistem nya adalah borongan untuk memasang plafon gypsum ini. Sebelum pemasangannya maka bisa cari-cari terlebih dahulu referensi yang ada, karena ada banyak model-model plafon gypsum menarik yang dapat dijadikan sebagai pilihan.

Sebaiknya pilih jasa atau tenaga yang sudah berpengalaman dalam pemasangannya sehingga lebih rapi, ditambah lagi untuk menghindari resiko-resiko kesalahan. Akan lagi baik jika seandainya mereka juga menjamin garansi kepada Anda. Misalnya untuk pengecekan dan perbaikan secara gratis jika dalam pemasangan tersebut terjadi masalah. Sehingga nantinya Anda juga tidak akan rugi menggunakan tenaga borongan dalam pemasangan plafon gypsum tersebut.