Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam Bahasa Inggris

Lembaga penelitian memiliki peran penting dalam melakukan penelitian yang berdampak langsung terhadap kehidupan masyarakat. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat in English adalah Research and Community Service Institutions. Berikut pembahasan selengkapnya.

 

Apa Itu LPPM?

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) yaitu penghubung antara kampus dengan masyarakat. Hal ini meliputi kegiatan penelitian, kerja sama, serta segala bentuk kontribusi kampus terhadap masyarakat sekitar. Misalnya, penyelenggaraan Kuliah Kerja Nyata (KKN), dll.

Community Service

Community service merupakan bentuk partisipasi masyarakat untuk memajukan segala aspek kehidupan dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satunya yaitu saat masyarakat tergabung dalam kegiatan membantu mahasiswa yang sedang melakukan penelitian.

Peran masyarakat di sini yaitu sebagai responden penelitian. Sehingga menghasilkan kumpulan data riil untuk mendukung penyusunan suatu penelitian.

 

Contoh Penelitian Pengabdian Masyarakat in English

Beberapa peneliti menyusun penelitian sebagai wujud pengabdian masyarakat dalam Bahasa Inggris. Berikut beberapa contoh judul penelitiannya.

1.  Psychoeducation Activities Controlling Emotions to Reduce Stress During The Covid-19 Pandemic

Judul penelitian tersebut dalam Bahasa Indonesia yaitu “Kegiatan Psikoedukasi untuk Mengontrol Emosi selama masa pandemik Covid-19”.

Tentu saja, penelitian tersebut membutuhkan data responden dari masyarakat langsung. Oleh karena itu, dosen atau mahasiswa yang akan melakukan penelitian dengan topik tersebut perlu izin atau pendampingan dari pihak LPPM.

2. Training on Calculation of Cost Of Goods Sold in Determining The Selling Price of Merchandise

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melatih masyarakat dalam menghitung harga pokok penjualan, harga jual barang, dan keuntungan penjualan. Penelitian bisa melibatkan masyarakat yang tertarik untuk menjalankan bisnis UMKM.

3. Waste Bank Socialization atau Bank Sampah

Penelitian ini berkaitan dengan “bank sampah”. Peneliti bisa mengaitkannya dengan manfaat langsung terhadap pencegahan bencana alam, seperti banjir. Atau bagaimana dampak positifnya terhadap pemberdayaan ekonomi warga, dll.

4. Literacy Understanding Public Service Advertising: Go Green

Go green atau penghijauan merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Oleh karena itu, memberikan pemahaman tentang 'go green' kepada masyarakat dalam bentuk penelitian menjadi suatu hal yang penting.

Penelitian ini juga berpeluang memberikan dampak luas bagi masyarakat umum. Tidak hanya bagi masyarakat lokal yang menjadi objek penelitian, tapi juga masyarakat di daerah lainnya agar lebih memahami manfaat 'go green'.

 

Membahas penelitian tentang pengabdian masyarakat memang sangatlah luas. Kerjasama  antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang baik akan memberikan dampak yang bagus untuk kehidupan masyarakat.