Pengertian Tack Coat

jasa pengaspalan murah

Dalam membuat jalan, jasa pengaspalan akan menghamparkan suatu jenis lapisan tambahan yang berguna untuk melindungi perkerasan. Lapisan tersebut adalah tack coat.
Lantas, apa itu tack coat dan seperti apa fungsinya? Mengapa selain prime coat, tack coat juga penting untuk diaplikasikan pada lapisan perkerasan jalan? Berikut kita simak selengkapnya.

Tack Coat

Setelah aspal AC – BC (asphalt concretebinder course) dihamparkan, proses selanjutnya dalam pekerjaan pengaspalan adalah lapisan tack coat. Tack coat diaplikasikan secara tipis atau sesuai keperluan guna meningkatkan kerekatan antara lapisan aspal yang sudah ada dan aspal baru. Jadi, tack coat terletak di antara hotmix (antara binder course dan wearing course).

Tack coat terbuat dari aspal emulsi atau aspal cair. Aspal emulsi yang digunakan adalah yang memiliki reaksi cepat (rapid setting). Untuk aspal emulsi modifikasi menggunakan aspal reaksi lebih cepat (quick setting) dengan polimer minimal 2,5% SBR latex atau lateks alam yang memenuhi ketentuan.

Sementara aspal cair untuk tack coat dihasilkan dari pengenceran aspal keras dan pelarut (minyak tanah atau bensin). Perbandingannya adalah 30 bagian pelarut per 100 bagian aspal.

Seperti yang sudah disebutkan, tack coat berfungsi sebagai lapis perekat. Pelapisan tack coat membuat konstruksi jalan lebih kuat. Tack coat mencegah kerusakan perkerasan sehingga ketahanan jalan pun berlangsung secara maksimal sesuai umur pelayanannya.

Peran tack coat cukup signifikan dalam menahan gaya geser yang terjadi di antara lapisan perkerasan akibat beban kendaraan. Tanpa adanya tack coat maka lapisan wearing course pun akan rapuh dan dapat menyebabkan selip pada kendaraan. Begitu pula jika tack coat diaplikasikan terlalu banyak. Oleh karena itu, penerapan tack coat harus dilakukan dalam takaran yang tepat.

Proses Aplikasi Tack Coat

Jasa pengaspalan murah akan menyiapkan permukaan untuk penyemprotan tack coat dengan saksama. Jika masih ada kerusakan maka perbaikan pun segera dilakukan. Begitu pula dengan permukaan lainnya, pastikan pengerjaannya sudah selesai sepenuhnya sebelum dihamparkan tack coat

Permukaan yang akan dihamparkan tack coat dibersihkan dari debu dan kotoran dengan menggunakan kompresor atau sikat mekanis. Selain itu, jika masih ada tonjolan-tonjolan yang mengganggu maka penyingkirannya pun dilaksanakan dengan menggunakan penggaru baja atau cara lainnya. Setelah gangguan tonjolan itu disingkirkan, permukaan akan dicuci lagi dengan air dan kemudian disapu.

Tack coat harus diterapkan ketika permukaan benar-benar kering. Jika cuaca hujan atau berangin kencang maka tidak diperkenankan melakukan penghamparan tack coat.

Usai disemprotkan, pastikan tack coat melekat dengan sempurna di atas permukaan. Jika kemudian ada tampilan berbintik-bintik yang berasal dari aspal maka hal tersebut tidak menjadi masalah. Hal tersebut diperbolehkan asalkan hasil tack coat sudah tampak merata seluruhnya dan kuantitasnya memang memenuhi syarat.

Tack coat pun disemprotkan hanya sebentar sebelum langsung ditimpa oleh penghamparan aspal berikutnya. Hal ini dilakukan agar tack coat tidak hilang kelengketannya serta tidak teroksidasi ataupun ditempeli kotoran. 

Melihat kompleksnya pengaplikasian tack coat maka sudah seharusnya kita memilih jasa pembuatan aspal yang benar-benar profesional. Untuk pengaplikasian tack coat yang benar dan sesuai ketentuan yang diperlukan maka jangan sampai salah dalam memilih layanan pembuatan aspal. 

Jika ada satu pelapisan saja yang kurang benar maka hal tersebut akan berpengaruh pada hasil akhir aspal secara keseluruhan. Oleh karena itu, pilihlah jasa pengaspalan yang memang mengetahui dan mampu melaksanakan segala persyaratan untuk menghasilkan jalan aspal terbaik.